EKSKUL JARKOM-2

Ekskul Jaringan Komputer (Jarkom) untuk semester 2 dipertemuan kedua (ekskul jarkom-2) masih materi tentang merakit kabel UTP bentuk stright sampai terhubung ke tester. Bahan yang digunakan adalah Kabel UTP, RJ45, tang Crimping, tester, dan perangkat jaringan lainnnya.

Praktek kedua (Pertemuan kedua) berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 21 Januari 2023 dari jam 08:00 sampai dengan jam 10:30 WIB di ruang labkom dan di teras depan labkom atau di lorong kelas SMP Islam Taufiqurrahman Depok. Praktek kali ini siswa diharuskan sudah bisa merakit kabel dan hasilnya diperlihatkan dalam tester, apakah berhasil terkoneksi semua ataukan beberapa indikator saja yang terhubung.

Praktek kali ini, peserta melakukan rakit kabel UTP berkelompok tapi semua peserta harus melakukan hal tersebut, jika ada yang gagal, peserta boleh meminta RJ45 untuk dipasang kembali. Kesempatan yang diberikan sampai 3x saja. Hasilnya akan diperlihatkan kepada pembimbing untuk diulas. Dalam pengulasan diketahuai letak kesalahan rakit kabel UTP, dari pemasangan kabel, pengurutan kabel, memasukan kabel ke RJ45, hingga mengunci RJ45 sebagai konektor.

Hasil akhir dalam lapoaran per orang per kelompok akan diperlihatkan dan didokumentasikan berupa foto dengan peserta memegang hasil rakitan (difoto dengan memegang kabel UTP – tester). Semakin banyak yang terhubung ke kabel, semakin banyak pula nilai praktek yang didapat dalam kelompok ekskul jarkom. Pengurangan nilai dapat dilakukan dengan mengurangi hasil nilai praktek dengan siswa yang tidak ikut praktek (atau jika ada 1 siswa yang tidak ikut praktek, maka nilai dikurangi 1, dan seterusnya).

Berikut ini adalah kegiatan hasil kerja praktek ekskul jarkom per orang dalam suatu kelompok. Kegiatan yang dilakukan siswa disampaikan melalui pengujian rakitan kabel UTP yang sudah terpasang dalam RJ45 dan sudah dikunci/dikencangkan RJ45 tersebut menggunakan tang crimping. Pengujian hasil praktek dimasukan RJ45 ke Tester, lalu ditampilkan hasilnya dalam terster. Jika lampu indikator di terster hidup semua secara berurutan dari nomor 1-8 maka itu menandakan kabel berhasil dikoneksi ke perangkat jaringan lainnya.

Indikator lampu di tester hidup semua tetapi meloncat misalnya dari nomor 1 lalu meloncat ke nomor 3, selanjutnya ke nomor 2, kenomor 4-8, maka dinyatakan kabel hasil rakitan tersebut tidak berhasil alias gagal. Jika lampu berurutan tetapi ada yang tidak menyala misalnya nomor 7-8, itu juga dinyatakan belum berhasil. Atau yang hidup hanya 2 lampu saja, itu juga dinyatakan gagal, ada lagi lampu tidak menyalah sama sekali, maka rakitan kabel UTP tersebut dianggap GAGAL TOTAL.

Para peserta ekskul jaringan komputer mempraktekkan setiap materi berkelompok, ketika berada dalam kelompok mereka bersama-sama bekerjasama untuk mencapai hasil maksimal, ketika ada anggota yang tidak bisa atau belum paham, mereka dapat membantu sampai dalam kelompok tersebut bisa memahami semuanya. Pada akhirnya nanti akan ada penilaian kelompok terbaik, kelompok yang kompak, kelompok ekskul yang dapat mengikuti semua materi / praktek yang diberikan pembimbingnya.

Praktek eskul Jarkom merupakan praktek rutin yang diadakan setiap hari sabtu dengan materi yang bervariasi, materi sudah tercantum dalam program semester, yaitu semester 1 dan semester 2. Materi yang sulit akan diberikan dalam 2-3 x pertemuan atau dapat dikatakan materi tersebut harus terserap siswa dalam waktu 2-3 pertemuan.

Praktek yang diberikan merupakan praktek yang setiap kali diajarkan terlebih dahulu materinya, tempat memberikan materi di ruang labkom, diruang kelas, atau bahkan di bawah pohon atau dapat pula di teras/lorong kelas. Semua yang diberikan mengacu pada materi yang telah diprogramkan.

tobe continue di pertemuan ke 3….

https://forms.gle/VXBBnFjkCFL2ruyR6 klik link ini tuk daftar ekskul jarkom terutama calon siswa kelas 7 atau boleh kelas 8-9. Pendaftaran dibuka sampai dengan 20 Juli 2023.